Sabtu, 14 Juni 2014

5 Kesalahan Yang Mungkin Dilakukan Seseorang Sebelum Tidur




Anda mungkin merasa lelah karena telah seharian beraktivitas, kemudian ingin memperoleh tidur yang berkualitas. Tetapi ketika Anda menyentuh bantal, pikiran Anda lari kemana-mana, tidur menjadi tidak nyenyak, dan Anda terbangun dengan perasaan lesu lagi di pagi hari.

Kita mungkin tidak suka mengakuinya, tapi mengalami kesulitan tidur mungkin akibat dari apa yang kita lakukan atau tidak lakukan di siang hari dan sebelum tidur.


Dr. Carol Ash, direktur Sleep Medicine di Meridian Health mengungkapkan lima kesalahan tidur dan bagaimana Anda dapat memperbaikinya, sehingga Anda bangun dengan segar dan siap untuk menjalani hari.

1. Makan terlalu banyak protein sebelum tidur
Hindari makanan padat kalori, terutama protein, tepat sebelum tidur. Protein membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna, membuat tubuh Anda bekerja keras saat Anda sedang mencoba untuk tidur. Makan besar di pagi hari akan memberikan energi yang Anda butuhkan seharian dan memungkinkan tubuh Anda untuk fokus pada tidur di malam hari.

2. Mandi dengan air panas sebelum tidur
Suhu inti dari tubuh Anda harus menurun ketika memasuki waktu tidur untuk memberikan sinyal pada tubuh bahwa sudah saatnya bagi Anda untuk tidur. Jika Anda mandi air panas sebelum tidur, Anda justru akan membungkam sinyal itu. Tidak ingin berhenti dari ritual mandi dengan air panas? Maka coba ambillah jeda setidaknya 1,5 sampai 2 jam sebelum tidur.

3. Postur tubuh yang buruk di siang hari
Perbaiki postur tubuh Anda agar dapat tidur dengan baik. Berdiri tegak di siang hari, dan tidur telentang untuk meminimalkan nyeri otot dan pegal-pegal. Gunakan roller busa atau guling 5 menit sebelum tidur. Tempatkan antara tulang belikat Anda dan berbaringlah di atasnya untuk meregangkan otot-otot punggung Anda. Hal ini akan meningkatkan fleksibilitas dan memperkuat postur tubuh yang lebih baik.

4. Berpikir bahwa olahraga dapat mengganggu tidur
Polling dari National Sleep Foundation pada tahun 2013 menunjukkan bahwa olahraga rutin setiap hari justru akan meningkatkan kualitas tidur Anda.

5. Berguling-guling di tempat tidur sambil berharap akan tertidur dengan sendirinya
Hal ini hanya akan meningkatkan kecemasan dan membuat Anda lebih sulit untuk tertidur. Bangunlah dari tempat tidur dan kembalilah ketika Anda sudah merasa lelah. Hal ini dapat mencegah otak dari mengasosiasikan kamar tidur sebagai sumber kekhawatiran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar