Kamis, 27 Maret 2014

Tips Jualan Online ala Diantartika

Halolohaa.. :D Kali ini saya ingin berbagi tentang tips-tips mengenai berjualan online. Tentunya sekarang istilah 'berjualan online' bukan lagi istilah yang asing di telinga.
Berbagai situs-situs maupun forum-forum penyedia jasa jual-beli online juga mulai menjamur. Kini pun berjualan online juga menjadi salah satu profesi yang paling menggiurkan. Penasaran, apa saja tips dan trik untuk berjualan online? Yuuk simak baik-baik uraian berikut ini:




  1. Pikirkan barang apa yang akan kita jual. Usahakan barang yang unik dan menarik. Sehingga, calon pembeli tidak hanya membeli berdasarkan atas rasa 'butuh', tapi juga karena ketertarikannya dengan barang yang kita jual. Barang yang akan kita jual ini tidak melulu harus stok sendiri lho! Tapi kita juga bisa berjualan tanpa modal, dengan menggunakan sistem dropship. Apa itu dropship? Intip di sini >> dropship.
  2. Tentukan situs mana saja yang akan kamu gunakan untuk memasang iklan. Jaman sekarang banyak sekali jalurnya. Bisa lewat Facebook, Twitter, Instagram, Blog, Kaskus, dan masih banyak lagi situs-situs gratis lainnya.
  3. Tonjolkan kelebihan-kelebihan dari produk yang kita jual. Sekalipun sudah ada yang menjual barang sejenis, kita juga tidak boleh lupa untuk menawarkan keuntungan lain yang bisa didapat jika berbelanja di toko online kita.
  4. Pasang harga yang manusiawi. Ini penting! Itulah gunanya menjual produk yang unik, kita bisa memasang harga semau kita. Tapi jika menciptakan sesuatu yang unik itu terlalu menguras tenaga, maka sah-sah saja untuk menjual barang yang sudah umum. Ingat, jangan memasang harga di atas harga pasar. Barang kita akan susah laku nantinya. :(
  5. Jangan mengambil untung terlalu banyak. Lebih baik untung sedikit tapi terus-menerus kan, daripada untung banyak tapi jarang-jarang? :P
  6. Beri pelayanan seramah mungkin pada calon pembeli. Iya sih, terkadang memang ada yang hanya berniat untuk bertanya ke sana - ke mari, tanpa berniat membeli. Tidak masalah. Terkadang pembeli memang suka mengetes kesabaran penjual. Sabar saja, rejeki toh tidak akan lari kemana. :)
  7. Tentukan alat pembayaran dalam proses jual-beli. Umumnya penjual online memiliki beberapa rekening bank tertentu yang bisa memudahkan proses pembayaran. Tips penting, bank-bank di Indonesia sekarang sudah banyak yang support fitur seperti mobile banking, sms banking, dan internet banking. Sebagai penjual online, fitur-fitur itu memang tidak wajib kita punya. Akan tetapi, fitur-fitur yang umumnya GRATIS itu tidak ada salahnya kita punya. Karena itu benar-benar akan memudahkan kita dalam bertransaksi.
  8. Packaging, atau kemasan. Ini memang sepele, tapi tergolong penting. Penjual yang masih newbie memang terkadang masih kurang cermat dalam soal packaging. Padahal packaging ini penting. Coba bayangkan, kalau kita menjual barang pecah-belah kemudian kita hanya mengemasnya dengan dibalut kantong plastik tanpa pelindung apapun. Apa pembeli tidak akan kecewa jika barangnya hancur lebur ketika sampai di tangan? Maka, pikirkan baik-baik soal keamanan & keindahan packaging ini supaya pembeli tidak kapok untuk berbelanja online.
  9. Berikan nomor resi pada pembeli setelah barang dikirim. Ini juga super penting. Nomor resi adalah modal kepercayaan yang dimiliki oleh penjual. Bagi mereka yang harus mengirim barang terlebih dahulu ke ekspedisi, maka penting pula bagi kita untuk memberikan no.resi ini kepada pembeli agar pembeli bisa melacak di mana keberadaan barang pesanannya.
  10. Jangan lupa mengucapkan 'terimakasih' :D Kata-kata sederhana, tapi sarat makna.
  11. Kumpulkan testimonial atau pesan & kesan pembeli setelah berbelanja di toko online kalian. Ini juga bisa menjadi modal kepercayaan calon pembeli lain untuk berbelanja di tokomu.
Gimana nih guys? Sudah cukup mengerti dengan penjelasan sederhana saya? :D Mudah-mudahan pada ngerti yah.. Semangat terus bagi kalian yang ingin mencoba berjualan online, dan semoga lapaknya laris-manis tanjung kimpul! ^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar