Rabu, 02 April 2014

Mengapa Diet Kebanyakan Tidak Membawa Hasil?

Istilah diet pasti sudah banyak dikenal oleh para wanita, bahkan sekarang pria juga mulai mendalami bagaimana cara untuk melakukan diet. Kali ini saya bukan ingin membagikan pengetahuan mengenai langkah-langkah diet.

Saya baru saja membaca sebuah artikel yang menarik di www.ted.com (lebih tepatnya, ngintip dari share-linknya tetangga :p) Di US sana, sekitar 80% remaja perempuan yang masih berusia belasan tahun sudah disibukkan dengan kegiatan diet. Padahal seperti yang kita tahu, sepanjang usia kita pasti akan membutuhkan suplai nutrisi yang cukup bagi tubuh.

Sementara, kebanyakan orang memiliki pandangan yang salah mengenai diet. Mereka akan mengontrol pola makan sekuat tenaga demi mencapai berat badan yang diinginkan. Hal itu yang justru akan menekan metabolisme tubuh dan membuat tubuh membakar lemak lebih sedikit. Dr. Rudy Leibel dari Columbia University menemukan bahwa orang-orang yang berhasil menurunkan 10 persen berat badan mereka membakar 250 hingga 400 kalori lebih sedikit karena metabolisme mereka ditekan.

Lalu bagaimana seharusnya?



Selama ini orang melakukan diet hanya berdasarkan atas pemikiran ingin kurus, ingin langsing bak seorang model, ingin bisa mengenakan baju model apapun, dan sebagainya. Tetapi, pola diet yang ketat justru pada akhirnya malah menghabiskan banyak waktu dan membuat kita terobsesi dengan bentuk tubuh yang kita impikan. Kalian bahkan akan lupa mengenai ide "hidup sehat". Yup, betul sekali.. Buang jauh keinginan untuk langsing, ceking, kurus, dan sebangsanya. Tanamkan dalam otak kalian bahwa kalian ingin hidup sehat dengan cara makan buah-buahan dan sayuran, berolahraga tiga kali seminggu, tidak merokok, dan tidak mengkonsumsi alkohol dalam jumlah yang besar.

Kemudian, jadilah bijaksana. Seperti kata Sandra Aamodt, seorang neuroscientist dari US, ia mengatakan bahwa sebaiknya kita memahami sinyal-sinyal dalam tubuh. Sehingga kita hanya akan makan ketika merasa lapar dan berhenti ketika merasa kenyang, karena kebanyakan problem obesitas terjadi karena kita makan di saat kita tidak lapar.

Bagaimana cara melatihnya?
Biarkan tubuh makan sebanyak yang ia mau, kemudian cari tahu apa yang membuat tubuh kalian terasa nyaman mulai dari ketika makan sampai kalian berhenti makan. Hal ini memang tidak mudah, karena kita harus dapat benar-benar merasakan apa yang tubuh kita mau. Akan tetapi, ide yang terpenting adalah kita dapat mengontrol kesehatan dengan cara mengontrol gaya hidup, bahkan jika tidak bisa menurunkan berat badan dan menjaganya.

Source: http://www.ted.com/talks/sandra_aamodt_why_dieting_doesn_t_usually_work

Tidak ada komentar:

Posting Komentar